Breaking News

Harga Minyak Goreng Tak Lebih Rp.11.500 per Liter Ujang Mendag

Mediaindonesia.Net Waktu yang dibutuhkan untuk mencari pekerjaan menjadi kendala tambahan pada waktu pencairan JHT. Selama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk memperoleh pekerjaan lebih lama diperlukan JHT agar kehidupan pekerja dan keluarganya tidak menjadi lebih buruk. Disadari pula bahwa dalam situasi wabah COVID-19 yang masih berlangsung, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di sektor ekonomi formal bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Kendala sosial yang belum sepenuhnya teratasi, dan disertai dengan menurunnya daya beli masyarakat membuat kegiatan ekonomi sulit untuk tumbuh secara optimal.

Artinya, kesempatan kerja terbatas dan bahkan menurun. Namun, pemerintah berupaya meningkatkan jumlah lapangan kerja yang tersedia melalui jalur informal, khususnya melalui pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pengalaman krisis 1997/98 dapat digunakan untuk memberikan gambaran bagaimana sektor informal dapat membantu menciptakan kesempatan kerja. Pada periode tersebut pekerja sektor formal mengalami penurunan sebesar 5,5 persen dan sektor informal meningkat sebesar 4,8 persen, sedangkan sisanya 0,7 persen pekerja menganggur (BPS 1998).

Harga Minyak Goreng Tak Lebih Rp.11.500 per Liter Ujang Mendag

Ujar Mendag

Pada kenyataannya, bagi mereka yang kehilangan pekerjaan, pekerjaan informal seringkali menjadi tumpuan harapan untuk mencoba memperoleh penghasilan yang layak. Dalam kaitan ini ada dua tujuan utama bagi mereka yang bekerja di sektor informal. Ini adalah pilihan pertama untuk bekerja sementara sambil mencari pekerjaan di pasar formal. Ketiga, terus bekerja di sektor yang tidak terorganisir, dan lakukan upaya keras untuk membangunnya sebagai basis hidup Anda. Apapun tujuan mereka yang berhenti dari pekerjaannya dan dipekerjakan oleh industri informal, tujuan utama mereka adalah mampu bekerja secepat mungkin untuk memastikan bahwa kehidupan mereka dan juga keluarga mereka dapat berjalan seperti biasa.

Penting juga untuk dicatat bahwa mereka harus tetap bekerja dan berusaha memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Mereka tidak bisa ditunda, terutama kesehatan anak-anak dan pendidikan. Jika mereka dipaksa untuk menunggu sampai mereka mencapai usia 55 tahun dan kebutuhan mereka untuk keluarga mereka dapat terpengaruh dan menurunkan kualitas hidup mereka. Soal kelonggaran waktu pembayaran JHT dan waktunya, pemerintah harus mengkaji Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 dengan harapan bisa dikembalikan ke lokasi semula. Jika pemerintah memutuskan untuk menunda JHT agar sesuai dengan tujuannya sebagai polis jaminan hari tua, bantuan yang diberikan oleh pemerintah, seperti jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) yang dijadwalkan mulai 22 Februari 2022 harus segera dimasukkan ke dalam sistem jaminan sosial dan besaran bantuan harus disesuaikan dengan JHT.

Check Also

How to Run Payroll in QuickBooks

How to Run Payroll in QuickBooks

Use this step-by-step guide to learn how to process payroll in QuickBooks Online. Payroll processing …

Leave a Reply

Your email address will not be published.